Dua Kawan Dua Petualangan - KEDAI BUKU JENNY

Dua Kawan Dua Petualangan

Setelah melalui proses yang cukup lama, akhirnya kami kembali menerbitkan buku. Agak berbeda dari dua buku yang kami terbitkan sebelumnya, karena kali ini kami menerbitkan novel bergenre  fiksi. Novel yang berjudul The Extraordinary Cases of Detective Buran merupakan karya dari sahabat kami, Louie Buana dan Maharani. Karya fiksi yang barmuatan banyak potongan-potongan kisah sejarah –seperti La Galigo- ini merupakan hasil karya yang telah digarap sejak mereka berdua masih berseragam putih abu-abu dan terus dirampungkan saat mereka berdua sudah duduk di bangku kuliah dan terpisah propinsi, yang satu di Kota Gudeg dan yang satu lagi di Kota Paris van Java.
Kedua penulis novel ini sejak beberapa tahun kemarin sama-sama menggarap sebuah project yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan di Sulawesi Selatan. Project ini mereka namai Lontara Project. Berbagai hal telah mereka lakukan untuk mewujudkan apa yang menjadi visi project tersebut. Termasuk program La Galigo Goes to Nederland yang dihelat beberapa bulan yang lalu. Bersama beberapa anggota Lontara Project mereka ke Belanda untuk membawa misi kebudayaan sekaligus mengunjungi beberapa tempat yang menyimpan naskah-naskah lama terkait sejarah Sulawesi Selatan seperti di Museum Sejarah KITLV.
Nah, karena kedua teman kami ini baru saja menjalani dua petualangan –petulangan dalam karya Detective Buran dan petualangan bersama Lontara Project- yang sama-sama punya cerita yang pantas untuk dibagikan, maka kami menggelar event bertajuk Dua Kawan Dua Petualangan di akhir bulan Januari kemarin. Gelaran ini dihelat untuk merilis novel The Extraordinary Cases of Detective Buran dan sekaligus sebagai media bagi teman-teman Lontara Project –yang diwakili oleh Louie dan Ran- untuk bercerita pengalaman mereka selama berada di Belanda dan beberapa kota di Eropa selama hampir sebulan.
Seperti hamir semua event di KBJ, gelaran ini dihelat di garasi Kedai Buku Jenny. Meski agak telat dimulai karena cuaca yang agak kurang bersahabat, namun para pengunjung yang memenuhi garasi dan duduk lesehan sangat antusias menyimak sharing berbagai hal dalam perjalanan La Galigo Goes To Nederland. Selain berbagi cerita, kedua sahabat kami ini juga menunjukkan beberapa foto kunjungan mereka di beberapa tempat di Belanda serta memutar video wawancara mereka dengan beberapa Indonesianis di Belanda dan beberapa pertunjukan seni khas Sulawesi Selatan yang ditampilkan disana. Gelaran ini juga dilengkapi dengan penampilan dari Hilite Band dan salah satu lagunya yaitu Pulang ke Makassar dibawakan bersama Louie yang merupakan pencipta lirik lagu tersebut. Selain itu, juga ada lapakan dari Camane Craft yang menambah berwarna gelaran sore itu.

Selamat buat Louie dan Ran atas dua petualangan yang keren ini. Dan teruslah berkarya !

1 comment: