KBJamming - KEDAI BUKU JENNY

KBJamming



 [Serupa] Press Release KBJamming


KBJamming dan Ruang Alternatif

KBJamming adalah gelaran akustikan bulanan yang diadakan pada akhir minggu oleh Kedai Buku Jenny. Dalam setiap gelaran akan disuguhkan penampilan dari beberapa band indie Makassar yang dibuka oleh penampilan band kampus. Selain menyuguhkan penampilan akustik sebagai acara utama, gelaran ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara, seperti pemeran mini, lapakan D.I.Y dan lainnya.
Gelaran ini kami harapkan dapat menjadi pilihan lain (jika tak ingin disebut sebagai alternatif) ditengah monoton dan tidak bervariasinya model perayaan akhir pekan saat ini. Kami juga bermimpi bahwa gelaran musik berselera dapat digelar di tempat-tempat sederhana dan dapat diakses oleh siapa saja. Sekali lagi, siapa saja!

 
Selain itu, kami juga berharap gelaran ini dapat menjadi ruang bagi banyak elemen untuk bertemu dan berbagi tentang banyak hal. Kami membayangkan bahwa KBJamming bisa menjadi tempat hang out baru yang akan mempertemukan para musisi, pencinta musik, penulis, mahasiswa, sketcher,  pekerja D.I.Y, penyiar radio, pegawai kantoran, dan siapa pun dia. Untuk itu, gelaran ini bagi kami tidak melulu tentang musik. Lebih dari itu, gelaran ini bagi kami lebih menyerupai ruang dialog yang menjadikan musik sebagai katalisatornya. Mungkin kami akan jarang atau bahkan tidak akan menghadirkan diskusi (dimana disana ada pembicara dan pendengar) sebagai bagian dari gelaran ini, tapi kami sangat berharap bahwa keseluruhan gelaran ini adalah bagian dari proses “berdiskusi” yang lebih cair namun tak kehilangan substansi.
KBJamming juga mengusung ‘Cerita Tentang Kota’ sebagai tagline nya. Ide tentang tagline ini sebenarnya baru lahir saat kami meminta kepada semua penampil pada gelaran KBJamming pertama untuk menulis apa saja tentang Kota Makassar. Ya, menulis tentang kota ini di selembar atau beberapa lembar kertas. Tulisan-tulisan tentang Kota Makassar yang akan kami kumpulkan dari penampil-penampil berikutnya rencananya akan kami terbitkan dalam bentuk buku bertajuk sama dengan tagline KBJamming.
Berkaitan dengan tagline ini pula, pada setiap bulannya kami akan “memotret” salah satu spot di Kota Makassar (baik yang masih ada fisiknya maupun yang tinggal kenangan) yang punya sejarah atau cerita menarik namun perlahan telah dilupakan atau tidak mendapat perhatian serius. Pada gelaran pertama ini misalnya kami ikut mendukung gagasan ‘Save Pasar Terong’. Bagi kami, Pasar Terong tidak hanya sebagai pasar tradisional yang menjadi tepat mencari nafkah ratusan bahkan ungkin ribuan orang yang tak terwadahi di pasar-pasar “besar” danperlahan-lahan mulai tergusur (atau digusur) oleh mereka yang jumawa atas dasar logika untung rugi semata. Lebih dari itu, menurut kami, Pasar Terong (sebagai bagian dari pasar tradisional) merupakan gagasan, kultur, potret masyarakat yang perlu kita selamatkan dari kepunahan. Disana, transaksi antara penjual dan pembeli tidak melulu berdiri diatas logika untung dan rugi. Disana (baca: pasar tradisional), proses sosialisasi dan komunikasi antara pembeli dan penjual masih terjaga dan terawat. Proses jual beli tidak lantas menegasikan hubungan manusiawi yang seharusnya memang menjadi “kata tengah” setiap proses transaksi. Karena alasan (yang sepertinya agak ribet ini), maka gagasan ini perlu kita selamatkan. Paling tidak, kita yang sama sekali tidak memikirkan atau tidak mau peduli sama sekali mungkin bisa mulai melirik sedikit dan mau cari tahu tentang gagasan ini.
Dan selebihnya, tentu kami punya mimpi besar bahwa gelaran ini menjadi bagian dari banyak cerita-cerita menarik tentang kota ini. Apalagi jika bisa menginspirasi banyak orang. Semoga.

Terakhir, berkunjunglah (besok, 24 Februari 2013) dan menjadi bagian dari cerita tentang kota!

Tamalanrea, 23 Februari 2013

Kedai Buku Jenny
[Bahagia Itu Sederhana]

No comments:

Post a Comment